Tips Memotong Cakar Kucing yang Aman

Cakar kucing menjadi suatu bagian dari kucing yang seringkali terlupakan dan tidak mendapatkan perawatan. Padahal penting juga bagi para pemilik kucing untuk merawat cakar kucing mereka. Bagi kucing, cakar atau bagian kuku merupakan senjata yang penting dan perlu diasah ketajamannya. Biasanya kucing memiliki kebiasaan untuk mengasah kukunya pada perabot rumah tertentu seperti meja, kursi, atau papan kayu. Tidak jarang kucing yang mengasah kukunya ini malah menyebabkan kerusakan pada perabotan rumah. Ada juga anggota keluarga yang mungkin dilukai oleh si kucing dan cakarnya. Untuk menghindari hal-hal tidak mengenakkan seperti ini, maka anda bisa mencoba tips memotong cakar kucing yang berikut ini.

 

Memotong Cakar Kucing dengan Baik dan Benar

 

Tips memotong cakar kucing yang pertama adalah dengan mempersiapkan kucing terlebih dahulu. Kebanyakan kucing mungkin akan terkejut ketika manusia memegang cakarnya. Anda harus melatihnya agar terbiasa ketika cakarnya dipegang. Ketika anda sedang membelai kucing pada bagian yang disukai, buatlah seolah-olah posisi tersebut menjadi cara anda untuk memegang cakar kucing. Lakukan ini hingga semua cakar yang akan dipotong berada di luar. Kucing mungkin akan menarik cakarnya, tetapi untuk menghindari hal ini anda bisa membiarkan terlebih dahulu dan jangan memaksakan. Buatlah kucing menjadi terbiasa ketika cakarnya disentuh oleh manusia.

Tips memotong cakar kucing yang berikutnya, temukanlah waktu yang tepat untuk memotong cakar kucing. Anda tentunya tidak bisa seenaknya menentukan kapan memotong cakar kucing. Harus ada waktu yang tepat juga untuk dipilih. Usahakan anda memotong cakar kucing ketika kucing sedang merasa senang dan santai. Misalnya ketika kucing sedang bersiap-siap untuk tidur. Bisa juga ketika kucing baru saja selesai makan dan berada pada posisi mengantuk. Jangan mengajak kucing untuk memotong cakarnya ketika ia sedang aktif bermain atau saat sedang lapar. Bisa-bisa tujuan utama anda untuk memotong cakar kucing tidak akan berhasil. Mood dari kucing tersebut tentunya akan mempengaruhi hasil dari pemotongan cakar kucing juga.

Memotong cakar kucing baik dilakukan untuk kesehatan. Maka itu harus dilakukan dengan benar. Tips memotong cakar kucing yang berikutnya adalah dengan menemukan batas yang tepat antara cakar dan daging cakar. Anda akan melihat bahwa cakar muncul dari selongsong dan berwarna putih. Anda juga akan melihat bagian berwarna merah muda di bagian dalam sebelum tepi ujung cakar. Ini merupakan kumpulan nadi yang disebut daging cakar. Hindari bagian ini ketika sedang melakukan pemotongan. Jika sampai terpotong tentunya kucing akan merasa kesakitan. Ketika memotong sebaiknya potong dahulu tepi cakar. Ketika kucing sudah merasa nyaman, anda dapat memotong agak dekat ke bagian daging cakar.

Tentunya cakar kucing tidak bisa dipotong dengan alat sembarangan. Terdapat dua jenis pemotong yang bisa digunakan untuk memotong cakar hewan peliharaan. Jenis yang pertama berbentuk seperti pengiris dan penjepit, sedangkan yang kedua berbentuk seperti gunting. Jenis yang paling baik dan disarankan unutk digunakan adalah yang berbentuk seperti gunting. Pegang kucing anda dan potong cakarnya satu persatu. Saat sedang memotong, anda sebaiknya menyiapkan obat tabur untuk iritasi jika tidak sengaja memotong daging cakar. Biasakan diri juga untuk memotong dari atas. Ini akan menghindari kesalahan dalam pemotongan cakar kucing. Jika kucing merasa tidak nyaman, sebaiknya jangan paksakan untuk menyelesaikan pemotongan dalam satu hari.  Demikianlah beberapa tips memotong cakar kucing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *