Menilik Alat Komunikasi Tempo Dulu yang Saat Ini Mulai Ditinggalkan

Komunikasi merupakan cara untuk seseorang bisa menjalin hubungan dengan orang lain. Hal ini bisa dilakukan secara verbal langsung melalui pembicaraan ataupun secara tidak langsung melalui alat komunikasi. Alat yang digunakan untuk berkomunikasi dari dahulu hingga sekarang pun mengalami perkembangan yang sangat signifikan. Jika kini masyarakat sudah mengenal handphone atau smartphone maka di jaman dahulu alat untuk berkomunikasi masih sangat tradisional dan lebih memiliki proses panjang untuk bisa menghubungkan antar 2 orang atau lebih. Apa saja yang dulu digunakan orang untuk saling berkomunikasi kecuali indra dan bagian tubuh mereka? Berikut ini adalah beberapa contohnya dimana sekarang sudah mulai ditinggalkan karena munculnya sarana komunikasi baru yang lebih efisien dan canggih.

  • Telegram.

Telegram merupakan sarana komunikasi yang digunakan dengan mengirimkan pesan text pada seseorang yang berada jauh dari kita. Dulunya alat telegram ini hanya dimiliki oleh badan pemerintahan tertentu dan digunakan bersama-sama di wilayah tertentu. Telegram hanya bisa mengirimkan beberapa huruf saja untuk sebuah berita, karenanya pesan dibuat sesingkat mungkin. Semakin panjang kiriman berita maka semakin mahal pula biaya yang dikeluarkan. Karena mahalnya sarana ini, telegram umumnya hanya digunakan untuk mengirim pesan penting saja misalnya kabar duka cita.

  • Pager.

Sebelum diciptakan handphone yang bisa mengirim pesan suara, pager sudah terlebih dahulu ada. Alat ini bisa mengirimkan sinyal dengan menampilkan text singkat. Karena masih sangat mahal, alat ini hanya dimiliki oleh orang-orang tertentu yang memiliki urgency terutama secara profesi seperti dokter, polisi dan sebagainya.

  • Surat.

Surat sebenarnya masih digunakan hingga saat ini. Namun dengan bermunculannya alat komunikasi  baru, orang-orang sudah sering berkirim kabar sehingga menulis surat mulai ditinggalkan. Dahulu surat menjadi sarana komunikasi paling favorit karena sudah lebih terjangkau biayanya dan Anda bisa mengirimkan berita hingga cerita sepanjang apapun. Kini jika Anda masih ingin mengirimkan surat untuk kawan atau saudara yang jauh, Anda sudah bisa menggunakan surat elektronik atau email yang lebih hemat dan tak membutuhkan kertas.

  • Faksimile.

Meski masih banyak digunakan di perkantoran namun alat in sedikit demi sedikit juga sudah mulai ditinggalkan. Fax bisa mengirimkan salinan berita di kertas dengan sistem foto. Salinan akan dikirimkan ke nomor fax lain yang dituju untuk menyampaikan berita. Bentuknya dahulu besar seperti mesin foto kopi sekarang, namun seiring dengan perkembangannya, mesin fax menjadi lebih kecil seperti sebuah telepon kabel.

  • Telepon kabel.

Sama seperti mesin fax, telepon kabel kini juga hanya digunakan di perkantoran ataupun dunia usaha saja. Rumah-rumah sudah jarang yang menggunakan telepon rumah karena penghuninya sudah memiliki ponsel pribadi. Di awal kemunculannya, sarana komunikasi ini menjadi jembatan penyambung silaturahmi favorit meski dengan biaya yang belum murah yang dihitung berdasarkan lama durasi percakapan serta jauhnya wilayah yang dihubungkan.

Beberapa alat komunikasi di atas masih ada yang digunakan namun ada juga yang sudah ditinggalkan dan hanya bisa dilihat di tempat koleksi saja. Saat ini hampir semua orang sudah menggunakan handphone dan smartphone sebagai sarana komunikasi hingga alat jual beli untuk menghubungkan seseorang dengan banyak toko online. Untuk berkomunikasi, media yang bisa dikirimkan bukan hanya text tulisan tangan atau suara saja namun sudah dapat mengirimkan video secara real time sehingga jarak menjadi tak berarti. Meski begitu, berinteraksi secara langsung dengan orang lain merupakan jalan silaturahmi yang paling baik dan sopan untuk menjaga hubungan baik antar kerabat dan masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *