Ini Alasan Mengapa Ventilasi Begitu Penting Untuk Rumahmu

Rumah yang sehat harus memiliki sirkulasi udara yang baik. Salah satu kriteria rumah di perumahan Serpong yang sehat adalah pemenuhan kebutuhan fisiologis berupa pencahayaan, penghawaan, dan ruang gerak yang cukup. Tak hanya kualitas pencahayaan, tapi juga sirkulasi udara yang  didukung dengan sistem ventilasi yang baik. Peduli akan ventilasi rumah berarti peduli juga terhadap kesehatan penghuninya. Kenapa ventilasi sangat penting? Berikut alasannya :

Agar Rumah Tidak Terasa Lembab

Sirkulasi udara selain untuk memperoleh udara segar, ternyata juga sekaligus dapat menjaga kelembapan dan suhu yang nyaman untuk penghuni rumah.Dengan adanya ventilasi yang dapat mengatur hawa rumah supaya tidak terlalu lembab, kita dapat terhindar dari jamur-jamur dan bakteri berbahaya.

Tempat Proses Sirkulasi Udara

Sirkulasi udara merupakan pertukaran atau keluar masuknya udara dari luar maupun dari dalam rumah. Adanya ventilasi di setiap rumah berfungsi untuk membantu sirkulasi udara. Dengan adanya ventilasi yang baik, maka sistem sirkulasi udara segar dari luar akan masuk. Tentu hal ini akan bagus buat kesehatamu dan keluarga.

Mengeluarkan Polusi Dari Dalam Rumah

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa sumber polusi tidak hanya berasal dari luar rumah, tetapi juga bisa dari dalam rumah. Beberapa contoh polusi yang berasal dari dalam rumah adalah asap rokok, bakteri, atau asap dapur. Dengan adanya ventilasi di rumah, polusi tersebut dapat berganti dengan udara dari luar yang lebih segar dan menyehatkan.

Menghilangkan Kepengapan Dalam Hunian

Infeksi saluran pernafasan seringkali disebabkan karena udara yang pengap, tidak terjaganya keseimbangan kadar oksigen dan kadar karbondioksida yang terkandung dalam udara. Kadar oksigen yang lebih sedikit akan menyebabkan penghuni rumah rentan menderita infeksi saluran pernafasan seperti radang tenggorokan dan batuk-batuk. Dengan adanya ventilasi, pertukaran udara senantiasa lancar, kadar oksigen akan terjaga keseimbangannya sehingga para penghuni akan terhindar dari infeksi pernafasan akibat pengapnya udara di dalam rumah.

Dapat Menghangatkan Ruangan

Ventilasi rumah tidak hanya memiliki fungsi untuk mengatur keseimbangan udara di dalam rumah, namun salah satunya juga dapat menghangatkan ruangan. Kenapa bisa begitu? Rongga ventilasi udara bisa menjadi jalur bagi cahaya matahari masuk, ruangan akan menjadi hangat dan lebih nyaman ditinggali. Apalagi kalau digabungkan dengan interior dengan lantai kayu yang terkenal bisa menyesuaikan dengan suhu dan cuaca.

Terhindar Dari Penyebaran Penyakit Menular

Banyak sekali penyakit menular yang dapat ditularkan melalui udara, misalnya saja yang sering menjangkiti orang-orang kala musim hujan, yaitu flu. Bukan hal yang asing lagi bila kekebalan tubuh kita sedang turun, kita dapat tertular penyakit flu. Ventilasi udara dalam hal ini dimaksudkan untuk senantiasa mengurangi dampak penyakit tersebut karena sirkulasi udara akan masuk dan mengeluarkan virus, bakteri, dan jamur.

Menghemat Energi

Ruangan yang panas dan pengap seperti yang dijelaskan di atas adalah karena minimnya ventilasi ataupun sistem ventilasi yang ada tidak cukup baik, sehingga tak jarang untuk mengurangi hal-hal seperti itu, orang-orang mengandalkan AC atau pun kipas angin. Selain itu, pencahayaan alami yang masuk lewat jendela dan ventilasi juga bisa membantumu menghemat listrik di siang hari.

Bagus Untuk Kamu Yang Memiliki Peliharaan

Tak sedikit orang yang memiliki hewan peliharaan di rumah mereka. Saat kamu memelihara hewan, kamu harus rajin membersihkan rumah. Selain itu, ventilasi juga harus mencukupi sebagai sirkulasi pergantian udara. Jadi, bau tidak sedap atau bulu-bulu hewan bisa keluar melalui ventilasi. Jangan lupa untuk rutin membersihkan sofa dan karpet dengan vacuum cleaner. Biasanya, bulu-bulu hewan peliharanmu jatuh ke sela-sela karpet dan sofa.

Udara Baik Untuk Anak – Anak

World Health Organization (WHO) mengatakan bahwa kualitas udara yang buruk di dalam rumah diduga dapat menjadi salah satu penyebab utama meningkatnya penyebaran penyakit menular dan kematian di beberapa negara berkembang dan yang paling berisiko terkena dampak kualitas udara yang kurang baik adalah anak-anak. Sistem kekebalan anak  umumnya masih lemah dan dalam tahap berkembang. Akibatnya, anak-anak dapat terjangkit infeksi saluran pernafasan, flu, bahkan penyakit paru-paru. Menjaga sirkulasi udara yang baik bisa menjadi solusi masalah ini.

Rumah Semakin Bersih

Saat membersihkan rumah sekalipun, kita malah dapat memperburuk kualitas udara dalam rumah jika tidak membersihkannya dengan cara-cara yang baik, seperti menggunakan kemoceng yang dapat membuat debu beterbangan. Cara paling mudah adalah dengan menggunakan kain yang sedikit basah sehingga debu akan menempel pada kain tersebut. Selain itu, hindari pembersih yang mengandung zat yang berbahaya seperti ammonia, klorin, dan volatile organic compounds (VOCs) yang bisa menganggu sistem pernafasan kita. Bahan-bahan ini bisa menguap dan menjaid gas, makanya sirkulasi udara yang sehat jadi sangat penting.

Menjadi Pintu Alternatif

Saat terjadi kebakaran, seluruh penghuni yang berada di dalam ruangan yang terbakar harus segera keluar dari ruangan. Ventilasi yang cukup besar seperti jendela rumah dapat menjadi pintu darurat saat terjadi kebakaran. Bahkan di beberapa model rumah telah disediakan alat pemukul kaca untuk berjaga-jaga jika terjadi musibah kebakaran.

Setelah tahu pentingnya ventilasi, pastikan sirkulasi di rumahmu cukup ya. Buatlah ventilasi yang cukup saat ingin membangun atau merehab rumah di perumahan Serpong murah, supaya kamu dan keluarga tetap sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *