5 Kiat Jaga Sofa di Tempat Outdoor

Sebagai salah satu elemen furnitur yang penting di dalam rumah, tentu sofa menjadi salah satu pilihan untuk Anda bisa duduk dan bersantai bersama keluarga atau dengan para tamu yang berkunjung ke rumah Anda. Tak melulu berada di dalam ruang tamu atau ruangan saja, terkadang ada beberapa orang yang meletakkan sofanya di luar ruangan. Misalnya sofa tersebut diletakkan di teras rumah atau di dekat taman. Suasana alami yang didapatkan karena peletakan sofa tersebut adalah salah satu hal yang ingin dicari oleh kebanyakan orang. Duduk bersantai dan berbincang dengan udara yang sejuk dan beberapa tanaman yang indah di sekitar tentu akan sangat menyenangkan.

Namun sayangnya, letaknya yang berada di luar ruangan membuatnya tidak lepas dari paparan sinar matahari atau rintik hujan yang turun dari langit sehingga membuat sofa Anda jadi mudah rusak dan sehingga Anda perlu melakukan service sofa. Hal-hal tersebut tidak bisa dihindari tetapi bisa diatasi. Karena itu, simak beberapa kiat untuk tetap menjaga sofa Anda agar tidak mudah rusak meskipun diletakkan di luar ruangan yang akan dibahas di bawah ini.

  1. Lindungi

Salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan melindungi sofa tersebut dari paparan sinar matahari langsung atau cipratan air hujan. Kedua hal tersebut adalah musuh dari furnitur-furnitur outdoor. Tak hanya sofa, meja-meja Anda pun perlu dihindari dari kedua hal tersebut. Anda dapat menghindarinya dengan beberapa cara, misalnya dengan menggunakan kanopi atau payung yang berukuran besar di bawah sofa Anda. Cara yang paling tepat adalah dengan meletakkan sofa Anda di teras rumah yang memiliki atap. Letakkan beberapa pot yang berisi tanaman di sekitar sofa Anda agar suasana lebih alami!

  1. Jaga Tetap Bersih

Selalu ingat untuk menjaga kebersihan sofa Anda. Jika ada kotoran, segera bersihkan agar kotoran tersebut tidak menempel. Karena jika sudah menempel tentu akan sulit dihilangkan dan sofa Anda jadi terlihat kusam dan terlihat tidak indah lagi.

  1. Lapisi

Jika salah satu bahan dari sofa Anda adalah kayu, lakukan pelapisan ulang pada kayu secara berkala. Hal ini untuk menjaga kayu agar tetap kuat dan tidak keropos meski sudah berusia cukup lama. Tak hanya pada sofa Anda, lakukan juga pada meja atau beberapa perabotan lainnya yang juga terbuat dari bahan kayu. Beberapa jenis kayu dipercaya sanggup bertahan sampai belasan bahkan puluhan tahun. Namun meskipun begitu, Anda juga perlu menjaganya dengan cara memeliturnya.

  1. Cat Ulang

Sama halnya dengan kayu, jika sofa atau kursi Anda terbuat dari besi, perlu juga dilakukan pengecatan ulang. Terutama gunakan cat dengan lapisan khusus agar besi tetap kuat, kokoh dan tidak mudah berkarat. Bahan di dalam cat tersebut dapat membantu mengurangi kemungkinan terjadinya oksidasi pada besi yang pada akhirnya membentuk karat pada besi.

  1. Hindari Kain

Meski sofa yang terbuat dari bahan kain terlihat cenderung lebih empuk dan nyaman, namun Anda perlu menghindarinya. Sebisa mungkin jangan menggunakan sofa yang terbuat dari bahan kain di luar ruangan. Tentu saja air, sinar matahari atau angin di luar ruangan dapat membuat daya tahan dari sofa tersebut akan menurun sehingga cepat rusak. Sebaiknya, untuk di luar ruangan gunakan sofa atau kursi dengan bahan kayu atau besi saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *