4 Lagu Terbaik Band Agrikulture yang Enak dan Penuh Makna

Berporos sebagai band beraliran electro dance, Agrikulture tetap membawa misi yang khas. Sejak awal terbentuk, band ini memang terinspirasi oleh pembawaan Indonesia sebagai negara agraria. Jadi lirik-liriknya meskipun terasa santai, tetapi ternyata cukup dalam juga maknanya. Di antara lagu-lagu terbaik mereka, ada 4 lagu yang wajib kamu simak.

  1. Lagu Cinta-Cintaan

Dilihat dari judulnya bagaimana kesan pertamamu? Biasa saja, ya? Eits, jangan buru-buru menilai begitu. Lagu ini membawa pesan bahwa tema cinta telah berbaur ke dalam banyak lagu yang diproduksi di ranah Indonesia. Setiap liriknya mudah dieja dan dihapalkan. Begitu kata lagu ini.

Di lagu ini juga ada sebaris lirik yang mengandung makna flashback. Tentang lagu cinta yang dibawakan pada zaman Titik Puspa hingga sanga Raja Dangdut, Rhoma Irama. Kamu akan dibawa mengikuti alunan lagu electro yang bisa bikin tempo hidupmu lebih berima. Uniknya, lagu ini ditutup dengan lirik yang lucu dan seakan mengajak audiensi menertawakan dunia.

  1. Lepaskan dan Lupakan

Melepaskan itu mungkin bagi seseorang itu mudah. Namun untuk melupakan perlu usaha yang besar. Lewat lagu ini, kita akan diajari bagaimana cara terbaik untuk membuka hati. Soalnya hanya dengan membuka hatilah seseorang bisa benar-benar melupakan orang yang pernah dicintainya. Sama halnya dalam penerimaan, pelepasan memerlukan sepenuh hati.

Terkadang, arti sebuah perjuangan bagi seseorang yang dicintai hanya dianggap main-main. Padahal mungkin bagi seseorang itu sudah mencurahkan segenap rasa di sana. Namanya juga tidak ada sinkronisasi, ya. Jadinya seperti arus yang tidak nyambung. Lagu ini memberikan resep yang ampuh untuk melupakan, yakni memasrahkan sepenuhnya pada Tuhan.

  1. Disko di Rumah

Lagu ini mungkin bagi yang bukan pecinta grup band Agrikulture dianggap punya lirik main-main. Soalnya hanya membahas tentang tokoh aku yang sendirian di rumah, tanpa ayah, ibu, dan kakak. Dia bosan sendiri. Kemudian dia bikin pesta dan mengundang semua temannya sekaligus membuat isi rumah jadi berantakan.

Lagu ini sangat kental dengan aroma disko. Jadi, pembawaan lagu ini juga tidak jauh-jauh dari formula ajep-ajep untuk menyampaikan gagasan di setiap liriknya. Buat kamu yang sudah terbiasa dengan musik electro dance pasti akan ikut angguk-angguk karena lagu ini benar-benar asyik.

Sebenarnya lagu ini menyentil seorang anak yang tidak diperhatikan oleh orang tuanya. Semuanya pada sibuk sendiri. Padahal kebersamaan dalam keluarga sangat penting. Dia melampiaskan kekesalannya itu dengan mengundang temannya. Kemudian bikin pesta. Istilahnya rumah porak-poranda ya biarlah. Asalkan nanti dia diperhatikan lagi. Dalem, ya.

  1. Orang Hutan

Barangkali kalau dibandingkan dengan Slank, band ini sangat mirip. Soalnya pada setiap lagu-lagu mereka yang nyeleneh, selalu terkandung sebuah kritik maupun satire. Jadi bukan hanya omong kosong yang keluar dari para pembual musik agar semata-mata indah. Justru keindahan musik dari band ini terletak pada pemaknaan setiap liriknya.

Termasuk juga pada lirik yang terdapat pada lagu “Orang Hutan”. Lagu ini menyindir Jakarta yang meskipun sudah menjadi kota terpadat di Indonesia, justru ia jadi lebih mirip hutan belantara. Pohon-pohon di Jakarta sudah tergantikan dengan orang-orang yang berjalan hilir-mudik. Seluruh kebutuhan maupun kepentingan berbenturan satu sama lain di Jakarta.

Begitu dalamnya lirik-lirik lagu Agrikulture, maka tidak sepatutnya ada yang bilang lagu-lagu mereka jelek hanya karena tidak mengerti maksudnya. Lagu dengan keindahan lirik itu baru dirasakan oleh orang yang peka secara estetikanya. Bukan hanya sekadar penerapan cocoklogi alias klop antara rima dengan beat musik. Di situlah terkandung sebuah pelajaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *